Sun. Sep 19th, 2021

Meminjam Dengan Pinjaman Peer-to-Peer: Bagaimana Cara Kerjanya

Meminjam Dengan Pinjaman Peer-to-Peer: Bagaimana Cara Kerjanya

Pinjaman peer to peer (P2P) adalah opsi untuk meminjam tanpa menggunakan bank tradisional atau credit union. Jika Anda berada di pasar untuk pinjaman, ada baiknya mengevaluasi pemberi pinjaman P2P saat Anda berbelanja. Tingkat pinjaman P2P bisa sangat rendah, terutama jika skor kredit Anda bagus, dan proses aplikasi mungkin lebih mudah daripada apa yang Anda alami saat meminjam dari bank. Bahkan dengan kredit yang kurang sempurna, Anda berpotensi mendapatkan persetujuan untuk pinjaman yang terjangkau dengan pemberi pinjaman online ini.

Apakah Peminjaman P2P Itu?

Pinjaman P2P adalah pinjaman yang dibuat oleh individu dan investor — berbeda dengan pinjaman yang Anda dapatkan dari bank Anda. Orang dengan uang ekstra menawarkan untuk meminjamkan uang itu kepada individu dan bisnis melalui layanan online. Layanan P2P (biasanya situs web) adalah pasar utama yang cocok dengan pemberi pinjaman dan peminjam, membuat proses ini relatif mudah bagi semua orang yang terlibat.

Manfaat Meminjam dengan P2P

Suku bunga rendah: Anda dapat sering meminjam dengan suku bunga yang relatif rendah menggunakan pinjaman P2P. Bank dan serikat kredit harus menanggung biaya overhead untuk jaringan cabang, lini bisnis lain, dan tenaga kerja yang besar. Pinjaman P2P biasanya lebih baik daripada menggunakan kartu kredit, tetapi selalu bijaksana untuk membandingkan tarif. Saat melakukannya, perhatikan tarif promosi, dan tentukan seberapa cepat Anda akan melunasi hutang Anda.

Biaya originasi: Anda mungkin perlu membayar biaya originasi di muka sebesar 1% hingga 5% untuk mendanai pinjaman Anda dengan pemberi pinjaman P2P.1 Biaya itu tergantung pada jumlah total yang Anda pinjam, sehingga pinjaman Rp.10.000.000,- mungkin dikenakan biaya Rp. 500.00,- . Dibandingkan dengan biaya pinjaman pribadi di bank, biaya ini bisa tinggi. Di sisi lain, Anda mungkin membayar biaya originasi yang lebih besar untuk hipotek kedua (dan prosesnya cenderung lebih mudah ketika mendapatkan pinjaman pribadi). Tentu saja, Anda membayar biaya tambahan untuk masalah seperti pembayaran terlambat.

Cepat dan mudah: Berbelanja untuk pinjaman melalui saluran tradisional sangat merepotkan. Dan setelah Anda mendaftar, Anda mungkin harus menunggu lama selama proses persetujuan. Mengambil pinjaman P2P dapat meringankan rasa sakit itu. Proses aplikasi biasanya langsung, dan Anda seringkali dapat mengetahui secara relatif cepat apakah pinjaman Anda disetujui atau tidak. Pendanaan aktual mungkin memakan waktu beberapa hari atau lebih lama (karena investor memilih apakah akan menaruh uang atau tidak ke pinjaman Anda) .2 Keputusan semakin cepat, karena pemberi pinjaman non-bank meminjamkan dana secara online sebagai investor besar.

Masalah kredit, tetapi cacat tidak apa-apa: Di dunia di mana pemberi pinjaman enggan meminjamkan kepada siapa pun dengan tanda negatif pada sejarah kredit mereka, pemberi pinjaman P2P tetap merupakan opsi yang menarik. Anda mungkin memerlukan kredit yang layak untuk disetujui — skor FICO pada pertengahan 600-an atau lebih tinggi adalah yang terbaik — tetapi P2P mungkin menawarkan Anda lebih banyak opsi daripada yang saat ini tersedia di wilayah Anda.3 Semakin buruk situasi kredit Anda, semakin besar biaya pinjaman ini Anda (dengan suku bunga yang lebih tinggi), tetapi itulah yang terjadi pada kebanyakan pemberi pinjaman.

Jenis-jenis Pinjaman

Pinjaman P2P dimulai sebagai pinjaman pribadi tanpa jaminan — Anda dapat meminjam untuk tujuan hukum apa pun, dan Anda tidak harus menjaminkan jaminan untuk mendapatkan persetujuan untuk pinjaman.

Pinjaman pribadi masih merupakan pinjaman P2P yang paling umum, dan pinjaman itu juga yang paling fleksibel: Anda dapat menyalurkan uang untuk konsolidasi utang, mobil baru, perbaikan rumah, atau memulai bisnis. Jika Anda ingin meminjam untuk pendidikan tinggi, verifikasi apakah pemberi pinjaman Anda mengizinkan atau tidak untuk tujuan khusus itu. Pinjaman pelajar mungkin bisa menjadi pilihan yang lebih baik untuk pendanaan pendidikan.

Pemberi pinjaman P2P khusus kini menawarkan pinjaman untuk penggunaan khusus (seperti pinjaman usaha kecil atau perawatan kesuburan), serta pinjaman yang dapat Anda amankan dengan jaminan.

Pemberi Pinjaman P2P Populer

Daftar pilihan terus bertambah. Pinjaman P2P menjadi populer di Prosper.com dan Lending Club, keduanya masih menawarkan opsi pinjaman suku bunga tetap. Jika Anda akan memilih rute pinjaman P2P, mungkin ada baiknya mengutip dari salah satu dari dua sumber (dan memeriksa penawaran tambahan dari yang lain, jika Anda mau). Pastikan untuk meneliti kreditor mana pun di radar Anda, dan baca ulasan dari sumber yang memiliki reputasi sebelum mengajukan pinjaman. Untuk meminjam, Anda diharuskan untuk memberikan informasi sensitif seperti Nomor Jaminan Sosial Anda, dan Anda tidak ingin memberikan informasi itu kepada pencuri identitas.

Beberapa opsi bagus lainnya tersedia. Beberapa mungkin bukan pemberi pinjaman P2P “murni”: Alih-alih meminjam dari pemberi pinjaman perorangan, Anda meminjam dari pemberi pinjaman non-bank lainnya. Berbagai investor mendanai pinjaman online tersebut, dan uang itu mungkin bahkan berasal dari bank (tanpa pengalaman meminjam bank tradisional).

Bagaimana itu bekerja

Untuk meminjam uang melalui pinjaman P2P, pilih pemberi pinjaman dan mulai proses aplikasi. Anda biasanya perlu memberikan perincian tentang diri Anda, dan pemberi pinjaman dapat menanyakan tentang rencana Anda untuk mendapatkan uang. Sebagian besar pinjaman adalah pinjaman pribadi, tetapi beberapa pemberi pinjaman dapat mempromosikan paket yang berbeda untuk melayani Anda dengan baik (perbaikan rumah atau konsolidasi utang, misalnya). Pemberi pinjaman memeriksa kredit Anda, dan jika Anda memenuhi syarat untuk layanan ini, investor dapat mendanai pinjaman tersebut.

Dengan beberapa pemberi pinjaman P2P, pendanaan cepat, tetapi Anda mungkin perlu menunggu beberapa saat untuk pendanaan. Prosesnya bisa memakan waktu beberapa hari atau beberapa minggu. Jika pinjaman Anda didanai, Anda menerima uang secara elektronik dan membayar kembali pinjaman melalui draft bank otomatis.

Pelaporan kredit: Pembayaran tepat waktu atas pinjaman Anda akan membangun kredit Anda. Sebagian besar pemberi pinjaman melaporkan aktivitas Anda ke biro kredit, yang akan membantu Anda meminjam dengan persyaratan yang lebih baik di masa depan. Namun, jika Anda rentan terhadap keterlambatan pembayaran atau gagal bayar pada kredit, kredit Anda akan menderita, sehingga penting untuk menjadikan pembayaran sebagai prioritas dan berkomunikasi dengan pemberi pinjaman Anda jika Anda mengalami kesulitan.

Apakah Aman Meminjam Dengan P2P?

Jawaban untuk pertanyaan ini tergantung pada apa yang Anda maksud dengan aman, tetapi sebagian besar pemberi pinjaman arus utama relatif ramah konsumen.

Data: Pemberi pinjaman P2P populer menjaga informasi Anda sama amannya dengan lembaga keuangan lainnya, dan semua komunikasi harus dilakukan melalui sesi atau aplikasi peramban terenkripsi.
Privasi: Identitas Anda harus disembunyikan dari pemberi pinjaman individu, tetapi tinjau kebijakan privasi dengan cermat untuk memahami informasi yang diterima investor.
Tarif: Suku bunga biasanya kompetitif dengan yang dapat Anda temukan di tempat lain. Anda hampir pasti akan membayar lebih sedikit dengan pinjaman P2P daripada pinjaman bayaran.